Manfaat Pisang

Tanaman yang satu ini buahnya mudah dijumpai sepanjang tahun karena memang tanaman ini selalu berbuah tanpa mengenal musim. Selain dapat di konsumsi matang sebagai buah meja, pisang juga dapat di olah menjadi kripik, molen, pisang goreng dan lain-lain. Ia mempunyai citarasa yang lezat dan tekstur yang lunak, sehingga mudah dicernak dan mudah diserap oleh tubuh.

Buah pisang memiliki kandungan nutrisi lengkap. Dengan mengkonsumsi satu buah pisang, sudah tercukupi kebutuhan minimal nutrisi esensial dari tubuh. Menurut Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, pisang adalah sumber energi yang cukup tinggi dan kaya mineral, seperti kalium fosfor, besi, magnesium dan kalsium. Kandungan vitamin didalam buah pisang juga cukup tinggi, seperti vitamin C, A dan golongan vitamin B. Meskipun tidak terlalu tinggi, kandungan lemak dan protein semakin memperkaya nutrisi buah pisang.


Kandungan karbohidrat dalam pisang adalah sumber energi instan. Karenanya banyak atlet untuk mendongkrak stamina mengkonsumsi buah pisang disela waktu istirahat sebagai cadangan energi. Karbohidrat di dalam pisang “lanjut Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan” merupakan karbohidrat komplek. Hal itu manjadikan buah pisang menyediakan energi tubuh yang dapat diserap dalam waktu yang tidak terlalu lama, namun juga tidak terlalu cepat seperti halnya gula atau sirup. Kandungan gula didalam buah pisang adalah gula buah atau fruktosa yang mempunyai indeks glikemik rendah. Gula buah baik dikonsumsi karena mampu menyediakan cadangan energi bagi tubuh.

Keunggulan lain buah pisang adalah kandungan vitamin B6 atau piridoksin yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan buah-buah lain. Vitamin itu berfungsi sebagai ko-enzim dalam reaksi metabolisme protein, khususnya serotonin. Zat itu diduga berperan aktif sebagai neurotransmitter yang berfungsi melancarkan fungsi otak. Keunggulan buah pisang ini semakin komplit karena mengandung serat yang tinggi sekitar 3,7 %. Serat itu bermanfaat memberikan rsa kenyang lebih lama. Sangat baik dikonsumsi bagi anda yang sedang diet menurunkan berat badan, dan anda tidak usah takut kegemukan mengkonsumsi buah pisang dalam jumlah yang banyak karena kandungan lemak dan proteinnya rendah. Serat juga mampu mencegah kanker saluran pencernaan karena serat mampu mngikat zat karsinogen didalam saluran pencernaan. Kutipan dari majalah Dokter Kita.

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More